24 Desember 2010

Tutorial Deep Freeze

Pada tulisan terdahulu saya telah berjanji untuk memberikan tutorial tentang deep freeze, software untuk pengamanan komputer, dan saat ini saya akan menepati janji saya tersebut. Deep Freeze adalah software untuk membekukan drive yang telah dipilih. Kita bisa memilih drive untuk dibekukan pada saat kita install, saya sarankan kita memilih drive C saja untuk kita bebukan, karena drive yang lain bisa untuk menyimpan data.

Jika kita membekukan drive C, apapun yang kita lakukan dengan drive C baik itu mengistall program, menghapus data, maupun menyimpan data, pada saat restart maka settingan akan kembali seperti semula, jadi jika saat kita menginstall program yang ternyata ada virusnya atau kita kurang pas dengan program tadi kita tinggal restart saja PC maka virus atau program tadi akan hilang, sekarang sudah tahu kan fungsi deep freeze?
Deep freezer sangat cocok untuk digunakan di komputer yang biasa digunakan oleh beberapa atau banyak user, seperti :
  • Komputer di Sekolah
  • Komputer di warnet atau rental
  • Komputer untuk test software habis itu diuninstall
  • Komputer kantor
  • Komputer untuk umum lainnya

Karena komputer tersebut akan sangat sulit untuk mengontrol apa saja yang keluar masuk di komputer yang dipakai, apalagi jika yang keluar masuk adalah virus, bisa-bisa nggak akan tahan lama umur komputer, dengan deep freeze masalah itu dapat langsung teratasi. Untuk keamanan nggak ada salahnya PC atau laptop kita dipasangi deep freeze.

Untuk download deep freeze sobat bisa menggunakan bantuan google saja ( takut kena sweeping :-) ) banyak kok yang sudah membahas, install seperti biasa. pada saat install kita bisa memilih drive mana yang akan di bekukan, saya sarankan pilih drive C saja. setelah diinstall restart PC dan akan muncul icon bergambar beruang di taskbar sebelah kanan bawah, pilih password yang akan kita gunakan untuk membuka deep freeze. File installer tadi jangan dihapus karena suatu saat akan kita gunakan lagi, simpan saja file installer deep freeze tadi.

Cara penggunaan

Tekan shift dan klik dua kali icon deep freeze di taskbar, masukkan password kita dan untuk membuka deep freeze pilih mode thawed, dan restart komputer maka icon deep freeze akan bertanda silang, pada mode ini kita bisa menginstall software atau menambahkan suatu file ki drive yang di bekukan, jangan lupa untuk mengubah kembali ke mode frozen setelah selesai agar PC kita kembali terlindungi.

Uninstall

Untuk uninstall deep freeze kita harus menggunakan file installer, karena tidak bisa dilakukan lewat Control Panel, caranya matikan dulu deep freeze nya, klik 2 kali pada file installer seperti saat akan menginstall, terus kita pilih uninstall.

sampai di sini tutorial tentang deep feeze sudah selesai,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar