22 Maret 2011

SSD (solid state disk


Teknologi canggih. Terbersit dalam angan, kapan punya komputer hebat, cepat, tepat, murah. ha… ngarep banget. Semakin hari terlihat terdengung terdengar, teknologi komputer semakin maju. Mau tidak mau harus berusaha paling tidak tau perkembangan komputer, gak seperti saya yang katrok gini, komputer masih awam tapi coba-coba nulis komputer, ha….. moga gak pada kecewa baca tulisan orang awam gak tau komputer.

Sekitar beberapa tahun lalu, kecepatan akses data masih sangat terbatas, penggunaan spesifikasi komputer belum seperti sekarang. Terbayang bagaimana dulu pengen menyimpan data gambar atau photo kita tetapi daya simpan terbatas, sekarang? Wow… gak sah diragukan lagi pokoknya. Mau menyimpan seabrek file juga bisa. Daya simpan file di komputer semakin besar. “Tetapi” thuing-thuing… Bayangan saya kalau data yang disimpan terlalu besar lama-lama komputer semakin lambat donk, akses ke file-file sedikit lama, (tapi benar gak ya?). ya gak masalah karena sekarang komputer tidak seperti jaman dulu, dah dirancang untuk kemampuan daya simpan besar. Asal gak menyimpan virus aja, ha….

Yang dikhawatirkan dalam penyimpanan, daya simpan dikomputer sebut aja hardisk, tentu semakin lama akan aus dan rusak, bahkan kadang komputer mati mendadak menyebabkan hardisk mengalami bad sector. Karena memang hardisk sangat riskan mengalami masalah tersebut. Seperti yang saya alami, berkali2 komputer eror, sampai diinstall ulang berkali-kali, ram diganti, VGA diganti, tapi? nol .. karena ternyata hardisk pada bagian file instalasi mengalami bad sector, terpaksa harus dipotong kan? Untung gak pada data-data penting. huu….uuu…hhhh amaaannnn.

Nah baru-baru ini kalau tidak salah diluncurkan SSD (Solid State Disk), cuman kelemahannya masih mahal, he… ini merupakan teknologi baru dari WDC yang disebut SSD WDSiliconEdgeBlue, kelebihannya tentu saja akan memiliki akses yang lebih cepat, selain itu teknologi silicon membuat daya simpan lebih awet, dibandingkan dengan hardisk yang masih memakai jarum rotasi untuk mengakses data. Teknologi memang semakin canggih aja, kalau gak punya ngiler, pengen punya mahal. Bisanya hanya mengikuti aja perkembangan he….

Bagi yang udah punya silakan sharing, saya kan belum punya, bagi yang belum seperti saya silakan berharap punya, semoga bermanfaat, info sederhana dari orang yang sok tau tentang komputer. salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar