22 Maret 2011

Cara mengatasi masalah sambungan jaringan nirkabel pada Windows XP








Periksa HCL untuk menentukan apakah ada driver yang kompatibel dengan Windows XP dan tersedia untuk adaptor nirkabel Anda. Jika ada driver yang kompatibel, Anda perlu menginstal driver yang telah diperbarui sebelum Anda melakukan prosedur pemecahan masalah. Jika tidak ada driver yang kompatibel, Anda mungkin masih dapat menggunakan adaptor jaringan namun konfigurasi dan fungsionalitasnya sangat terbatas. Untuk menentukan apakah driver yang Anda gunakan mengenali layanan Konfigurasi Nol Nirkabel Windows XP, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Klik Mulai, klik Jalankan, kemudian ketik control.exe pada kotak Buka. 2. Klik Sambungan Jaringan dan Internet.3. Klik Sambungan Jaringan, klik-kanan Sambungan Nirkabel, kemudian klik Properti.Lihat opsi yang tersedia. Apabila Anda tidak melihat ikon Sambungan Nirkabel pada folder Sambungan Jaringan atau apabila Anda tidak dapat melihat properti, maka ada masalah dengan driver untuk adaptor jaringan nirkabel. Untuk memecahkan masalah ini, lihat bagian "Masalah Penginstalan Driver". Apabila Anda dapat melihat properti untuk ikon Sambungan Nirkabel, namun Anda tidak melihat tab Jaringan Nirkabel, lihat bagian "Driver yang Tidak Mendukung Layanan Konfigurasi Nol Nirkabel". Apabila Anda bisa melihat properti dan bisa melihat serta mengakses tab Jaringan Nirkabel, lihat bagian "Driver yang Mendukung Layanan Konfigurasi Nol Nirkabel". Apabila tab Otentikasi tidak muncul pada properti Sambungan Nirkabel, pastikan bahwa layanan Konfigurasi Nol Nirkabel sedang berjalan.

Masalah penginstalan driver

Apabila Anda tidak melihat ikon Sambungan Nirkabel pada folder Sambungan Nirkabel, atau apabila Anda tidak dapat melihat properti untuk ikon Sambungan Nirkabel, maka ada masalah dengan penginstalan driver. Untuk memecahkan masalah ini, periksa apakah Anda memiliki driver terbaru yang tersedia dari pabrik perangkat, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menentukan sumber permasalahan: Klik Mulai, klik Jalankan, kemudian ketik devmgmt.msc pada kotak Buka. Pada Manajemen Komputer, klik Manajer Perangkat. Pada jendela rincian, klik-dua kali Perangkat Lainnya dan carilah adaptor jaringan nirkabel. Jika Anda dapat menemukan adaptor pada folder Perangkat Lainnya, artinya driver belum terinstal. Untuk mengatasi masalah ini, dapatkan driver dari pabrik perangkat, kemudian instal drivernya. Jika Anda tidak dapat menemukan adaptor folder Perangkat Lainnya, lihatlah pada folder Adaptor Jaringan. Apabila Anda menemukan adaptor jaringan nirkabel, catatlah model dan tahun pembuatan adaptor. Pada properti untuk adaptor jaringan nirkabel, di bawah Status perangkat, periksalah bahwa pesan ini muncul: "Perangkat ini bekerja dengan benar". Apabila adaptor jaringan nirkabel tidak ada di dalam folder Sambungan Jaringan, mungkin ada masalah dengan perangkat atau driver belum terinstal. Dalam kasus seperti ini, Anda akan melihat pesan kesalahan di bawah Status perangkat. Anda dapat mencari Basis Pengetahuan Microsoft untuk informasi tentang kode kesalahan untuk memecahkan masalah ini. Untuk mencari Basis Pengetahuan, kunjungi Website Microsoft Web berikut ini:
Driver yang tidak mendukung layanan Konfigurasi Nol Nirkabel



Apabila Anda dapat melihat properti dari ikon Sambungan NIrkabel namun tidak dapat melihat tab Jaringan Nirkabel, maka driver adaptor jaringan tidak sepenuhnya mendukung layanan Konfigurasi Nol Nirkabel.
Pada skenario ini, Anda bisa mengkonfigurasi Windows XP untuk menggunakan sambungan namun opsi-nya bervariasi tergantung pada adaptor jaringan dan driver yang digunakan. Untuk memecahkan masalah ini, cobalah untuk membuat sambungan yang bekerja.
Catatan Jika Anda tidak dapat membuat sambungan yang bekerja, hubungi pabrik perangkat untuk mendapatkan petunjuk tentang bagaimana mengkonfigurasi adaptor untuk Windows XP.
Untuk membuat sambungan yang bekerja:Pada folder Sambungan Jaringan, klik-kanan Sambungan Nirkabel, kemudian klik Properti. Klik Konfigurasi, kemudian pada tab Lanjut, konfigurasikan jaringan nirkabel Anda dengan menggunakan opsi konfigurasi yang tersedia. Opsi dan nama opsi yang tersedia bervariasi bergantung pada pabrikan perangkat.

Daftar berikut menerangkan opsi konfigurasi dasar: Identifier Pengaturan Layanan (SSID): Pengaturan ini akan mencocokkan dengan konfigurasi titik akses nirkabel Anda atau router. Jika Anda tidak memiliki titik akses, nilai ini akan sama pada semua komputer yang ada pada jaringan nirkabel Anda. Protokol Ekivalen Nirkabel (WEP) atau Enkripsi: Nonaktifkan WEP pada titik akses dan properti untuk tujan pengujian. Mode atau Jenis Jaringan: Jika Anda memiliki titik akses, atur opsi ke Infrastruktur. Jika Anda tidak memiliki titik akses dan Anda menyambung komputer ke komputer, atur opsi ke Ad-Hoc. Laju Data: Atur opsi ke Auto atau ke 11 Mbps. Hemat Daya: Untuk pemecahan masalah, atur Hemat Daya ke Mati atau ke Nonaktif. Setelah sambungan bekerja dengan benar, Anda dapat mengubah pengaturan. Setelah Anda mengkonfigurasi opsi tersebut, klik OK untuk menyimpan perubahan Anda. Ujilah sambungan Anda. Jika tanda "X" merah muncul pada ikon sambungan di dalam folder Sambungan Jaringan atau Anda tidak dapat melakukan sambungan, lanjutkan pemecahan masalah. Klik Mulai, klik Jalankan, kemudian ketik devmgmt.msc pada kotak Buka. Pada Manajemen Komputer, klik-dua kali Layanan dan Aplikasi, kemudian klik Layanan. Pada jendela rincian, klik-kanan Konfigurasi Nol Nirkabel, kemudian klik Properti. Pada kotak Jenis startup, klik Nonaktif, kemudian klik OK. Keluar dari Manajemen Komputer, kemudian restart komputer. Dengan konfigurasi ini, Anda dapat menyambung ke jaringan nirkabel jika konfigurasi jaringan lainnya sudah benar. Jika ikon Sambungan Nirkabel muncul di daerah pemberitahuan sebagai sambungan yang bekerja, maka sambungan nirkabel akan bekerja.
Untuk memecahkan sisa masalah yang ada, gunakan teknik-teknik pemecahan masalah jaringan TCP/IP.
Driver yang mendukung layanan Konfigurasi Nol Nirkabel


Apabila tab Jaringan Nirkabel pada Properti dari Sambungan Nirkabel tersedia, maka driver mengetahui adanya dukungan Konfigurasi Nol Windows XP untuk jaringan nirkabel.
Untuk mengkonfigurasi Windows XPPada folder Sambungan Jaringan, klik-kanan Sambungan Nirkabel, kemudian klik Properti. Pada tab Jaringan Nirkabel, pada kotak Jaringan Yang Tersedia, klik jaringan Anda, kemudian klik Konfigurasi. Pada jendela Konfigurasi, tunjukkan Identifier Pengaturan Layanan (SSID) yang digunakan oleh jaringan Anda, pengaturan WEP (enkripsi), dan pengaturan otentikasi yang harus Anda miliki untuk jaringan Anda. Jika Anda tidak menggunakan titik akses nirkabel atau router, atur mode jaringan ke Ad-Hoc. Jika jaringan Anda tidak terdaftar sebagai jaringan yang tersedia, klik Tambah untuk mengkonfigurasi pengaturan untuk jaringan secara manual. Saat Anda menyimpan pengaturan ini, Anda dapat menggunakannya secara otomatis saat jaringan tersedia. Setelah Anda menyimpan konfigurasi ini, ulangi proses ini pada komputer lain dengan jaringan Anda. Setelah Anda mengkonfigurasi pengaturan untuk komputer lainnya, Anda akan melihat nama SSID jaringan pada daftar Jaringan yang Dipilih. Jika Anda melihat lingkaran biru, maka ini berarti jaringan telah ditemukan; jika Anda melihat tanda "X" merah, maka berarti ada masalah dengan sinyal radio antarstasiun di jaringan atau konfigurasinya mungkin tidak benar. Konfirmasikan bahwa pengaturan pada jaringan Anda telah benar dan kemudian pindahkan komputer lebih dekat dengan titik akses atau router atau pindahkan komputer lebih dekat dengan komputer lain pada jaringan nirkabel. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah konfigurasi, sambungan nirkabel akan terkonfigurasi dengan benar.
Jika Anda mengalami masalah saat Anda mencoba menghubungkan dengan jaringan, klik-dua kali ikon Sambungan Nirkabel pada folder Sambungan Jaringan untuk melihat status sambungan. Pada Status sambungan, ada alat ukur kekuatan sinyal yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kekuatan sinyal di antara komputer-komputer.
Sinyal kuat


Jika Anda masih memiliki masalah penyambungan namun kekuatan sinyalnya baik, maka masalah konfigurasi jaringan berbeda dapat menghalangi komunikasi. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan teknik-teknik pemecahan masalah TCP/IP standar.
Sinyal lemah


Jika Anda masih memiliki masalah sambungan dan kekuatan sinyal tidak bagus atau tidak ada sinyal yang diterima, cobalah langkah-langkah pada bagian "Driver Yang Tidak Mendukung Layanan Konfigurasi Nol Nirkabel". Jika metode yang dijelaskan pada bagian ini tidak menyelesaikan masalah, hubungi pabrikan untuk memastikan apakah adaptor jaringan nirkabel dan dan titik akses sudah bekerja dengan benar.


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar