14 November 2010

Memperbaiki registry Windows dengan CCleaner



Pada tutorial singkat kali ini Opvie akan membahas lagi  bagaimana menggunakan fungsi Registry dari aplikasi CCleaner. Sebelumnya saya juga membahas tutorial singkat mengenai fungsi Cleaner dari aplikasi ini juga yang dapat anda baca di postingan Optimasi system Windows dengan CCleaner.
Fungsi Registry dari CCleaner berguna untuk memperbaiki registry dari system windows.
Apabila kita sering menginstall program kemudian menguninstallnya maka tanpa kita ketahui sebenarnya banyak sekali registry dari program yang kita uninstall yang tertingal dan tidak terpakai lagi oleh system Windows. Itu sebabnya apabila kita telah sering melakukan hal tersebut system Windows kita terasa menjadi lambat, tidak seperti pada saat pertama kali system Windows kita installkan.

Berikut adalah tutorial singkatnya:
  1. Untuk menjalankan fungsi registry dari CCleaner, kita dapat memulainya dari meng-klik kanan dari tombol mouse kemudian klik Open CCleaner…
  2. Pada panel sebelah kiri klik icon Registry, maka menu CCleaner akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Kita dapat meng-custom proses yang akan kita lakukan dengan memilih dalam mengisi centang pada kotak yang disediakan atau mengikuti default dari CCleaner. Untuk sementara kita pakai cara default. Klik tombol Scan for Issues tunggu sampai prosesnya 100% komplit, kemudian klik tombol Fix Selected Issues.
  3. Setelah meng-klik Fix Selected Issues. Kita akan melihat menu kecil yang menanyakan apakah akan membackup registry terlebih dahulu atau kita tidak ingin membackupnya dan terus melanjutkan proses ini. Jika kita membackup registry maka kita dapat me-restorenya lagi apablila kita ingin mengembalikan registry ke awal sebelum proses dari fungsi Registry dari CCleaner kita lakukan.
  4. Selanjutnya tampil menu seperti dibawah ini yang memberi pilihan apakah kita akan melakukan proses perbaikan dari registry windows dengan cara satu persatu dengan meng-klik tombol fix issue atau langsung semuanya dengan meng-klik Fix All Selected Issues.
Selesai sudah proses perbaikan registry system Windows yang kita lakukan, rasakan perbedaan dari sebelum dan sesudahnya. Semoga bermanfaat.

1 komentar: