11 November 2010

Ghost of windows

Apa itu “Ghost of Windows” …?? Apa windows ada hantunya..?? Jangan salah arti dulu. Ghost of windows ini dapat mengembalikan windows anda seperti semula jika windows anda error, terkena virus yang tak bisa dihilangkan, ato keadaan yang parah pada windows anda.
Jika windows anda error dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, atau terkena virus yang tidak bisa dihilangkan, apa yang akan anda lakukan? Sebagian orang mungkin akan menjawab, “install ulang aja windowsnya, beres…..!!” .Tapi dengan menginstall ulang windows, program-program dan aplikasinya harus diinstall ulang juga, selain itu juga memerlukan waktu yang cukup lama.
Sebenarnya ada cara lain untuk mngembalikan windows anda seperti semula. Caranya dengan memanfaatkan Windows PE(Preinstallation Environment) dan sebuah aplikasi yang bernama Norton Ghost. Windows PE ini adalah sebuah operating system yang di-load dari CD, bukan dari Hard-disk seperti Windows XP atau sejenisnya. Cara menggunakannya? saya akan coba jelaskan pada tulisan ini.
Awalnya, jika anda baru saja menginstall ulang Windows, semua driver telah terinstall, aplikasi yang anda butuhkan juga telah terinstall, buat “Ghost” dari Windows anda. Caranya, Masukkan CD Windows PE, dan boot dari CD.

pe1.jpg
win-pe.jpg
Langkah-langkah membuat “Ghost” dari windows anda adalah:
  1. Klik Start–>Program–>Norton Ghost–>Norton Ghost Corporate
  2. Pilih Load–>Partition–>to image
  3. Pilih Hard-disk dimana anda menginstall Windows(jika terdapat lebih dari 1 Hard-Disk
  4. Pilih partisi dimana anda menginstall windows
  5. Pilih tempat penyimpanan file “Ghost” di partisi yang anda pilih, di Hard-Disk external juga bisa.
  6. Beri nama file tersebut terserah anda, extensi dari file tersebut adalah .GHO
  7. Save–>High(agar pengompresan partisi menjadi .GHO lebih baik)
Lalu akan berjalan proses pengompresan partisi Windows anda seperti gambar di bawah ini:
ghost.jpg
Tunggu sampai proses tersebut selesai, lamanya tergantung besar file-file yang terdapat pada partisi Windows XP anda, semakin besar semakin lama tentunya. Jika telah selesai, quit, lalu restart komputer seperti biasa.
Simpan file berextensi .GHO ini karena jika Windows anda rusak atau error, file ini dapat dimanfaatkan, caranya adalah dengan memanfaatkan Windows PE dan Norton Ghost lagi.
Langkah-langkahnya sama seperti membuat file “Ghost” di atas, bedanya ketika menjalankan Norton Ghost, pilih Load–>Partition>From image
Pilih file “Ghost” yang dulu anda simpan, lalu pilih partisi dimana anda menginstall Windows, maka file file “Ghost” tersebut akan di”ekstrak” dan di-restore ke partisi windows anda sehingga partisi tersebut akan kembali seperti ketika anda membuat file “Ghost”nya. Contohnya ketika anda membuat file “Ghost” tersebut Windows anda telah terinstall driver-driver, office, firefox, dan Yahoo Messenger. Maka ketika anda me-restore file “Ghost” tersebut, pada windows anda telah terinstall driver-driver, office, firefox, dan Yahoo Messenger, tidak kurang tidak lebih(jika proses pembuatan dan pe-restore-an file “Ghost” berjalan sempurna). Setelah proser pe-restore-an selesai, restart dan boot komputer anda dari Hard-Disk lagi, insyaAllah windows anda akan berjalan seperti sedia kala.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar