24 Desember 2010

trik praktis perintah dir

Pada MS-DOS, ketika kita mengetikkan perintah Dir pada folder yang berisi banyak file, maka DOS segera menampilkannya secara langsung sampai akhir tanpa berhenti dulu. Hal ini akan merepotkan para pengguna DOS, sehingga mereka menambahkan parameter /p atau /w setelah perintah dir sehingga terlihat dir/p atau dir/w.
Saya yakin, Anda sudah mengetahui apa yang akan ditampilkan MS-DOS dengan perintah perintah tersebut, jadi tidak perlu dijelaskan lagi. Yang menjadi masalah adalah hal ini tentu saja akan merepotkan, setidaknya tidak efisien. Cara yang lebih efisien adalah dengan membuat Windows berhenti secara otomatis tanpa kita perlu menambahkan parameter tersebut. Di sini kita membutuhkan file autoexecz.bat. Trik ini teruji pada Windows ME/9x. Pada versi yang berbeda tidak dijamin akan berhasil. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Jalankan Start --> Run kemudian ketikkan sysedit dan carilah file autoexec.bat

2. Tambahkan baris baru, yaitu: SET DIRCMD= /P /O:GNE atau SET DIRCMD= /W /O:GNE

3. Restart PC untuk melihat hasilnya.

Tanda /P atau /W tersebut seperti parameter yang telah dibahas, sedangkan /O:GNE berarti menyusun berdasarkan direktori (dahulu), kemudian nama lalu extension. Kini tiap kali Anda menjalankan perintah Dir, maka Windows akan berhenti pada saat-saat tertentu, tanpa Anda perlu menambahkan parameter tambahan. Dan tentunya hal ini akan lebih efisien dibanding sebelumnya. Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar