24 Desember 2010

tips mencegah perubahan pada menu start

Menu Programs yang merupakan submenu dari menu Start (Start>Programs), biasa digunakan untuk menyimpan shortcutshortcut dari aplikasi yang terpasang pada PC. Pada Windows 98 ke atas, kita dapat mengubah isi dari menu Programs ini dengan mengklik kanan pada tiap-tiap folders/shortcut yang ingin kita edit. Kita dapat me-rename atau menghapus isi dari programs group tersebut. Sebenarnya hal ini merupakan kemudahan bagi pengguna komputer karena tidak perlu repot-repot mengaturnya melalui Windows Explorer, seperti pada Windows 95. Tetapi kemudahan ini juga terkadang membawa masalah, karena orang lain dengan mudahnya bisa melakukan perubahan terhadap isi programs group ini.
Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat men-disable menu konteks yang biasa ditampilkan ketika kita mengklik kanan suatu menu di programs group tersebut. Di sini kita akan mengedit registry, jadi pastikan Anda mem-backup-nya sebelum melakukan modifikasi manual ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Jalankan Registry editor yaitu dengan mengetikkan regedit pada Start>Run
2. Masuklah ke key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
3. Buatlah data DWORD dengan mengklik Edit>New>DWORD value dan beri nama NoChangeStartMenu
4. Klik ganda data tersebut dan isikan nilainya dengan 1. Untuk melihat hasilnya, cobalah mengklik kanan beberapa isi dari menu Programs dan lihat hasilnya. Untuk mengembalikan ke semula, Anda dapat mengganti nilai 1 tersebut menjadi 0 atau langsung menghapusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar